fin.co.id - PT FWD Insurance Indonesia (FWD Insurance) bersinergi dengan Prestasi Junior Indonesia (PJI) menghadirkan program literasi keuangan interaktif, yaitu Financial Inclusion and Education for Successful Thoughts and Actions (FIESTA). FIESTA merupakan program literasi keuangan interaktif untuk memberikan kesempatan yang sama dalam akses pengetahuan keuangan yang esensial bagi para siswa penyandang disabilitas.
Chief Human Resources & Marketing Officer FWD Insurance Rudy F Manik mengatakan, literasi keuangan merupakan aspek penting dalam memampukan individu dalam merencanakan hidupnya serta menyiapkan masa depan. Sebagai bagian dari hak atas pendidikan dan hak untuk mengembangkan diri, literasi keuangan juga perlu dikenalkan kepada penyandang disabilitas sejak dini.
"Literasi keuangan merupakan pengetahuan esensial yang perlu ditanamkan sejak dini, termasuk bagi para siswa penyandang disabilitas. Bekal pengetahuan ini dapat menjadi modal
untuk hidup mandiri serta membantu mewujudkan masa depan yang mereka cita-citakan. FWD Insurance berkomitmen untuk mendorong literasi keuangan yang inklusif, termasuk bagi siswa penyandang disabilitas," kata Rudy dalam keterangannya, Jumat 28 Februari 2025.
Dia emngatakan, program FIESTA digelar di SLB Negeri 2 Jakarta dan diikuti lebih dari 70 siswa penyandang disabilitas pendengaran dan intelektual dengan dukungan para guru. Dalam program FIESTA ini, para siswa dikenalkan bagaimana cara mendapatkan uang, menyimpan, dan menggunakan uang dengan bijak.
"Modul program disusun dalam bentuk aktivitas permainan dan visual yang menarik agar mudah dipahami oleh peserta yang memiliki kemampuan yang berbeda-beda," katanya.
Sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan, literasi keuangan juga diberikan kepada siswa sekolah menengah pertama (SMP) melalui program JA SparktheDream yang
juga bekerja sama dengan PJI, di mana tahun 2025 telah menginjak tahun ketiga program ini dijalankan.
Baca Juga
“FWD Insurance berkomitmen untuk terus mendorong literasi keuangan yang inklusif dan menjangkau masyarakat yang lebih luas sebagai upaya kami dalam mewujudkan visi
mengubah cara pandang masyarakat terhadap asuransi," kata Rudy.