Ekonomi

FWD Insurance Gelar Community Care Month, Dorong Literasi Keuangan Inklusif

news.fin.co.id - 23/09/2025, 21:51 WIB

PT FWD Insurance Indonesia (FWD Insurance) menghadirkan program Community Care Month sebagai wujud nyata kepedulian sosial sekaligus implementasi nilai perusahaan “Peduli”.

fin.co.id - PT FWD Insurance Indonesia (FWD Insurance) menghadirkan program Community Care Month sebagai wujud nyata kepedulian sosial sekaligus implementasi nilai perusahaan “Peduli”. Program ini berlangsung sepanjang Agustus hingga September 2025 dengan melibatkan karyawan, tenaga pemasar, hingga nasabah untuk melakukan aksi sosial yang berdampak langsung bagi masyarakat.

Chief Human Resources & Marketing Officer FWD Insurance Rudy F. Manik menegaskan pentingnya partisipasi seluruh pihak dalam kegiatan ini.

“Lewat Community Care Month, kami ingin mewujudkan nilai dari FWD Insurance, serta mendorong keterlibatan karyawan dalam aksi sosial yang ditujukan kepada komunitas dan masyarakat umum. Melalui Community Care Month kami juga turut mengundang tenaga pemasar dan nasabah untuk ikut serta, sehingga kegiatan ini memberikan dampak positif yang lebih luas,” ujarnya dala keterangannya, Selasa, 23 September 2025.

Salah satu kegiatan utama adalah JA SparktheDream di Bali, sebuah program literasi keuangan hasil kerja sama dengan Prestasi Junior Indonesia (PJI). Program ini, yang telah berjalan tiga tahun, menargetkan 2.000 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di berbagai kota pada 2025. Para karyawan FWD Insurance juga terlibat sebagai relawan sekaligus mentor bagi para peserta.

Selain itu, FWD Insurance dan PJI melanjutkan program Financial Inclusion and Education for Successful Thoughts and Actions (FIESTA). Program inklusif ini menyasar siswa disabilitas tingkat sekolah menengah dengan metode edukasi interaktif berbasis permainan (game-based learning). Pada rangkaian Community Care Month, FIESTA diikuti oleh 60 siswa Sekolah Luar Biasa Santi Rama Jakarta.

“ Kami percaya setiap orang, termasuk anak-anak difabel, berhak mendapatkan kesempatan yang sama untuk belajar dan memahami pentingnya literasi keuangan. Melalui program ini, FWD Insurance ingin membuka jalan agar akses keuangan yang adil bisa dirasakan oleh semua,” tambah Rudy.

FIESTA juga sejalan dengan pedoman SETARA (Sustainability, Empowerment, Transparency, Accountability, Responsibility, Awareness) yang diterbitkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mendorong keberlanjutan program inklusif di sektor jasa keuangan.

Selain fokus pada literasi, FWD Insurance juga menyelenggarakan kegiatan donor darah di Pacific Century Place, Jakarta, dengan menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) serta sejumlah mitra korporasi seperti Citi Indonesia, The Executive Centre, Timezone Indonesia, dan AMOREPACIFIC Indonesia.

“Kami berharap Community Care Month ini mendorong budaya volunteering pada karyawan kami dan tenaga pemasar secara berkelanjutan, sejalan dengan visi perusahaan yakni mengubah cara pandang masyarakat terhadap asuransi,” tutup Rudy.

Mihardi
Penulis