Ekonomi . 20/05/2025, 13:54 WIB

Kementerian BUMN Genjot Komunikasi Digital Lewat AI, Pegawai Kini Jadi Brand Ambassador!

Penulis : Sigit Nugroho  |  Editor : Sigit Nugroho

fin.co.id - Transformasi komunikasi di lingkungan BUMN kini memasuki babak baru. Melalui Workshop Komunikasi dan Optimasi AI untuk Komunikasi Media Sosial yang digelar pada 13 Mei 2025 di Bali, Kementerian BUMN resmi mengakselerasi strategi komunikasi digital yang lebih inklusif dan adaptif.

Kegiatan ini bukan sekadar pelatihan teknis, tapi merupakan langkah strategis untuk memberdayakan seluruh pegawai BUMN agar tampil sebagai Brand Ambassador perusahaan, bukan hanya sekadar penonton.

“Komunikasi itu pentingnya bukan main. Perubahan pola komunikasi ini bertujuan agar semua BUMN, hingga cabang-cabangnya, aktif dalam komunikasi,” tegas Rachman Ferry, Kepala Biro Humas dan Fasilitasi Dukungan Strategis Kementerian BUMN, saat membuka acara, dikutip dari keterangan resmi, Selasa, 20 Mei 2025.

Desentralisasi Komunikasi Jadi Kunci

Rachman menyebut bahwa kekuatan komunikasi kini tidak hanya ada di tangan Humas, melainkan harus menjadi tanggung jawab bersama.

“BUMN punya potensi besar dalam komunikasi, dan yang paling efektif adalah model desentralisasi, agar pesan perusahaan tersampaikan secara merata hingga ke unit terkecil,” tambahnya.

Melalui pendekatan ini, setiap karyawan diharapkan mampu menyuarakan narasi positif tentang perusahaan mereka melalui media sosial pribadi maupun korporat.

AI dan Storytelling Jadi Senjata Baru

Workshop ini diikuti oleh tim komunikasi dan pengelola media sosial dari berbagai BUMN. Mereka mendapatkan pembekalan dalam beberapa materi krusial, seperti:

  • Strategi storytelling digital yang kuat dan menggugah
  • Teknik pembuatan konten berbasis AI
  • Cara membentuk citra positif perusahaan lewat komunikasi personal
  • Pemanfaatan media sosial untuk menyampaikan value dan capaian perusahaan

Hal ini menjadi relevan mengingat saat ini kita hidup di era yang disebut "Homeless Media", di mana informasi bisa menyebar dari siapa saja, tanpa batasan platform atau institusi formal.

Ciptakan Narasi Positif dari Pusat hingga Daerah

Kementerian BUMN menekankan bahwa setiap pegawai memegang peran strategis dalam menjaga dan membentuk reputasi perusahaan di mata publik.

“Setiap kata yang diunggah pegawai di media sosial itu bisa berdampak besar terhadap citra BUMN, positif maupun negatif,” jelas Rachman.

Oleh karena itu, pelatihan seperti ini menjadi penting agar semua elemen dalam perusahaan sadar akan perannya, sekaligus mampu menciptakan narasi yang transparan, otentik, dan terintegrasi.

Menuju Komunikasi BUMN yang Lebih Inovatif dan Berkelanjutan

Kementerian BUMN berharap seluruh BUMN dapat segera mengadopsi strategi komunikasi yang lebih kreatif, berbasis teknologi, dan berkelanjutan. Pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) untuk memperkuat narasi perusahaan dianggap sebagai langkah penting dalam mendukung peran strategis BUMN sebagai agen pembangunan nasional.

Transformasi ini juga sejalan dengan semangat kolaborasi dan digitalisasi yang tengah digaungkan dalam berbagai sektor pemerintahan dan industri nasional. (*)

           
© 2024 Copyrights by FIN.CO.ID. All Rights Reserved.

PT.Portal Indonesia Media

Alamat: Graha L9 Lantai 3, Jalan Kebayoran Lama Pal 7 No. 17, Grogol Utara, Kebayoran Lama, RT.7/RW.3 Kota Jakarta Selatan 12210

Telephone: 021-2212-6982

Email:fajarindonesianetwork@gmail.com